Rabu, 06 Juli 2011

Kontingent Garuda merayakan Galungan

Lebanon (06/07)
     Galungan merupakan hari raya bagi umat hindu yang  memperingati terciptanya alam semesta beserta isinya dan kemenangan dharma melawan adharma. Umat Hindu yang tergabung dalam Kontingen Garuda di Lebanon (Indobatt, FPC, Sempu, FHQSU, Indomedic dan SO) merayakan Hari raya galungan di Indobatt (UN7-1) yang dimotori oleh Kelian Banjar Lebanon Srt Nyoman Arta, meskipun suasana perayaan ini memang sedikit berbeda dengan perayaan di Bali namun semuanya tidak terlepas dari makna galungan yang sesungguhnya. 

     Perayaan ini diawali dengan pemotongan hewan  yang kemudian diracik menjadi masakan khas Bali yaitu Lawar, kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipimpin langsung oleh Jero Mangku Banjar Lebanon Kopda Gusti S dan ditutup dengan makan bersama. Komandan Indobatt Letkol Inf Hendy Antarikasa beserta jajaran staf markas batalyon turut hadir di acara tersebut untuk menguccapkan selamat hari raya galungan kepada anggota yang merayakannya.

     Diakhir perayaan ini Jro mangku lulusan Sekolah Tinggi Agama Hindu ini menyampaikan sedikit Dharma Wacana kepada umat Hindu Banjar Lebanon yang intinya tentang pengendalian pikiran, perkataan dan perbuatan atau Tri Kaya Parisudha serta  selalu bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi atas segala rahmat yang diberikan.(ekawira)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar